Ban pesawat terbang dirancang secara khusus untuk mampu menahan beban yang berat, memberikan rasa nyaman pada penumpang, dan bertahan ketika pesawat bergerak di landasan dengan kecepatan yang cukup tinggi.
Sebenarnya, ukuran ban pesawat terbang hampir sama dengan ukuran ban mobil. Memang ukuran ini tampak kecil bila dibandingkan dengan ukuran pesawat. Mengapa dipilih ban kecil, sebab ban dengan ukuran yang terlalu besar menyulitkan ban tersebut menahan torsi berat pesawat.
Ban pesawat bukan ban yang padat. Di dalamnya ada gas/udara dengan tekanan yang cukup besar, sekitar enam kali lebih besar dari tekanan ban mobil penumpang. Tekanan sebesar ini dibutuhkan untuk menahan berat pesawat yang besar. Kelenturan atau deflection (perbedaan tinggi ban sebelum dan sesudah dipasang) ban pesawat sekitar 2 - 3 kali lebih besar dari ban mobil.
Kelenturan yang tinggi ini membuat penumpang pesawat lebih nyaman ketika pesawat mendarat. Ban pesawat juga diharapkan mampu bertahan ketika pesawat bergerak dengan kecepatan sekitar 340 km/jam atau sekitar dua kali kecepatan maksimum mobil. Jadi, kecil-kecil cabe rawit lo!
Aircraft tires are designed specifically to be able to withstand heavy loads , giving comfort to the passengers , and survived when the plane moves down the runway at speeds high enough .
Actually , the size of an aircraft tire is almost equal to the size of a car tire . Indeed, this measure seems small compared to the size of the aircraft . Why chosen smaller tires , because the tires were too large to measure the tire difficult to withstand heavy torque plane .
Aircraft tires instead of solid tires . In it there is a gas / air with enough pressure , approximately six times greater than a passenger car tire pressure . The pressure of this magnitude is needed to hold the weight of a large aircraft . Spasticity or deflection ( height difference before and after the tires fitted ) aircraft tires about 2-3 times larger than a car tire .
This high flexibility makes passengers more convenient flight when the plane landed . Aircraft tires are also expected to survive when the plane is moving at a speed of around 340 km / h , or about twice the maximum speed of the car .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar