10 Best Cycling City in the World - 10 kota Bersepeda Terbaik Di Dunia


Bersepeda merupakan transportasi alternatif yg banyak digemari saat ini. Selain bikin badan sehat, bersepeda juga ngga menyebabkan polusi layaknya kendaraan bermotor. Banyak juga masyarakat (khususnya di Jakarta) yg sudah mulai beralih untuk mengendarai sepeda untuk bekerja, sekolah, dll. Maka tak heran kini terdapat komunitas pengendara sepeda, seperti Bike to Work (B2K), yang mengutamakan sepeda sebagai alat transportasi utama. Jauh sebelum Jakarta, ternyata banyak beberapa kota di dunia yg menjadikan sepeda sebagai alat transportasi mereka. Nah..kota-kota mana sajakah yg merupakan "kota sepeda terbaik" di dunia..?

1. Amsterdam, Belanda

Sampai detik ini, Amsterdam masih memegang sebutan ibu kota sepeda di Eropa (bahkan terbaik di dunia). Tercatat 40% lalu-lintas dipadati hilir mudik sepeda. Kota ini berhasil memposisikan diri sebagai sahabat pesepeda dengan mempromosikan kehidupan lebih sehat dan gaya hidup lebih aktif bagi penduduknya. Pengembangan jaringan jalur sepeda dibuat meluas, lebih aman, cepat, nyaman, serta memberi road safety bagi pesepeda. Program pencegahan pencurian sepeda juga dirancang sebanding dengan meningkatnya populasi sepeda. Amsterdam juga membuat 10 ribu parkir sepeda di stasiun kereta.


2. Portland, Oregon, AS
Portland memiliki jalur sepeda yang mengubungkan seluruh pelosok kota. Jaringan jalan ini terbukti sukses meningkatkan penggunaan sepeda. Portland memiliki budaya bersepeda yang cukup kental. Program commuter digalakkan dengan menyediakan sepeda bagi pekerja berpenghasilan rendah, termasuk fasiltas keamanan seperti lampu, kunci sepeda, helm, pompa ban, tool kit, peta dan jas hujan. Jaringan jalur sepeda makin bertambah dari 60 menjadi 260 mil sejak tahun 1990an. Jumlah pesepeda turut meningkat dalam periode yang sama, tanpa ikut menambah insiden kecelakaan.


3. Copenhagen, Denmark
Kota ini menduduki urutan enam dalam peringkat kota dengan kualitas hidup terbaik di dunia. Copenhagen terbukti berhasil mengadakan program komunitas sepeda. Seluruh warga Denmark umumnya memiliki minimal sebuah sepeda, dan Copenhagen beberapa tahun belakangan turut dikenal sebagai kota sepeda. Tercatat 32 persen pekerja menggunakan sepeda untuk ke kantor, dan 50 persen dari mereka beralasan memakai sepeda justru lebih cepat dan mudah.
Jalur sepeda telah meluas dan dipakai dengan baik. Jalur ini kerap terpisah dari jalan raya utama dan juga memiliki lampu lan-tas tersendiri. Copenhagen juga memiliki wilayah khusus, Christiania, yang benar-benar terbebas dari mobil.
Pihak kota menyediakan sepeda untuk umum dengan membayar deposit 20 kroner. Uang deposit itu dikembalikan ke penyewa, jika sepeda telah dikembalikan ke salah satu rak penyewaan sepeda.


4. Boulder, Colorado, AS
Program yang mempromosikan bersepeda aman sukses dikembangkan kota Boulder. Program ini disebut Boulder Safe Routes to School, yakni memberi rasa aman dan nyaman bagi anak-anak untuk memakai sepeda berangkat dan pulang sekolah. Selain itu, lebih dari 4 ribu orang berpartipasi dalam Boulder Bike to Work Day yang diadakan reguler.


5. Davis, California, AS
Kota kecil dengan jalur sepeda sepanjang 100 mil. Pengguna sepeda mencapai 17% dari pemukim kota Davis. Pemerintah membagikan peta lokal jalur sepeda. Membuat logo kota dengan gambar sepeda. Kota ini bakal mendirikan museum sepeda. Jumlah sepeda jauh lebih banyak dibanding mobil.


6. Sandnes, Norwegia
Pada tahun 1990, pemerintah Norwegia membuat pilot project selama 4 tahun untuk mengurangi penggunaan mobil. Sandnes terpilih menjadi salah satu dari dua kota yang ikut proyek tersebut. Tujuan utama proyek ini membuat sebuah kota yang bersahabat bagi pesepeda, dan menggalakkan penggunaan sepeda. Kini, Sandnes telah disulap menjadi kota di Norwegia dengan fasilitas terbaik bagi pesepeda.


7. Trondheim, Norwegia
Kota ini menciptakan fasiltas pertama di dunia, Bicycle Lift (Trampe). Lift tersebut juga menjadi daya tarik utama wisata bagi kota Trondheims. Tujuan pembangunana lift ini yakni mengantarkan pesepeda mendaki tanjakan tanpa perlu turun dari sepeda. Mengingat topografi kota Trondheim yang berada di lereng gunung, fasilitas tersebut cukup membantu bagi pesepeda. Pemerintah kota Trondheim turut menyediakan persewaan sepeda untuk umum. Sekitar 18% penduduknya menggunakan sepeda untuk bekerja maupun ke sekolah.


8. San Francisco, California
San Francisco merupakan kota kedua berpenduduk terbesar di AS, tak heran bila sistem transportasi sepeda menjadi andalan utama. Kota ini secara konsisten menempati urutan teratas dari survey majalah Bicycling untuk penggunaan sepeda. Terdapat 40 ribu penduduk San Fransisco bersepeda ke tempat kerja . Terdapat jalur sepeda sepanjang 63 mil.
San Francisco Bicycle Coalition mengajukan 8 kandidat untuk duduk dalam San Francisco Board of Supervisors, dan seluruhnya terpilih. Pengawas kota tersebut menempatkan prioritas utama bagi kebutuhan pejalan kaki dan pesepeda, dibanding transportasi massal. Dengan pertambahan jumlah pesepeda, seluruh tranportasi umum kini dilengkapi alat pembawa sepeda.


9. Berlin, Jerman
Kota ini telah memiliki 80 kilometer jalur khusus sepeda yang terhampar di jalan utama. Terdapat 400 ribu pesepeda setiap hari. Disediakan pilihan jalur bersepeda secara on line.


10. Barcelona, Spanyol
pada 22 Maret 2007, Barcelona City Council memulai layanan Bicing, layanan fasilitas penyewaan sepeda sebagai transportasi untuk umum. Penyewa terlebih dahulu mendaftar untuk memperoleh kartu. Kartu ini sebagai identitas sewa dan berhak meminjam sepeda di 100 pos yang tersebar di penjuru kota Barcelona. Penyewa diperbolehkan memakai sepeda di dalam kota, lantas mengembalikan di pos berikutnya. Barcelona juga membuat 'green ring' yang mengelilingi area metropolitan dengan jalur sepeda. Terdapat 3250 tempat parkir di seputar kota.



ENGLISH

Cycling is an alternative transportation that much popular today . In addition to making the body healthy , cycling guns also cause pollution like vehicles. Many people ( especially in Jakarta ) who have started to switch to riding a bicycle to work , school , etc. . So no wonder there are now community of cyclists , such as Bike to Work ( B2K ) , that promotes the bicycle as a primary means of transportation . Long before Jakarta , there are many cities in the world who make their bikes as a means of transportation . Well .. where are the cities that are " best bike city " in the world .. ?

1 . Amsterdam , The NetherlandsUntil this moment , still holds the title Amsterdam bicycle capitals in Europe ( even the best in the world ) . Carrying 40 % of traffic filled the bike back and forth . The city managed to position itself as a friend of cyclists by promoting a healthier life and a more active lifestyle for its residents . Development created widespread network of bicycle paths , more secure , fast , convenient , and provide road safety for cyclists . Bicycle theft prevention program is also designed proportional to the increasing population of the bike . Amsterdam also makes 10 thousand bicycle parking at the train station .




2 . Portland , Oregon , USAPortland has bike paths that connect all parts of the city . The road network has proven success increasing the use of bicycles . Portland has a fairly strong cycling culture . The program encouraged by providing bicycle commuter for low-income workers , including security facility such as lights , bicycle locks , helmets , tire pumps , tool kits , maps and rainwear . Growing network of bike lanes from 60 to 260 miles since the 1990s . The number of cyclists also increased in the same period , without help fuel the incidence of accidents .




3 . Copenhagen , DenmarkThe city was number six in the rankings of cities with the best quality of life in the world . Copenhagen proved successful conduct community bicycle program . All citizens of Denmark generally have at least a bike , and Copenhagen in recent years also known as a bike city . Recorded 32 percent of workers use bicycles for the office , and 50 percent of them reasoned wear bike is faster and easier .The bike path has been widespread and well worn . The line is often separated from the main highway and also has a light of its own lan - bag . Copenhagen also has a special area , Christiania , which completely removed from the car .Party city provides public bicycles to pay a deposit for 20 kroner . The deposit is returned to the tenant , if the bike has been returned to one of the bike rental racks .




4 . Boulder , Colorado , USAPrograms that promote safe cycling successfully developed city Boulder . The program called Safe Routes to School Boulder , which gives a sense of safety and comfortable for children to wear bicycle to and from school . In addition, more than 4 thousand people berpartipasi in Boulder Bike to Work Day is held regularly .




5 . Davis, California , USAThe small town to the bike path along the 100 miles . Users bike reaches 17 % of city residents Davis . The government share of local maps bike paths . Creating a logo with a picture of a bike city . The city will establish a bicycle museum . The number of bikes far more than the car .




6 . Sandnes , NorwayIn 1990 , the Norwegian government made ​​during the 4 -year pilot project to reduce car use . Sandnes was elected as one of two cities that join the project. The main objective of this project makes a city friendly to cyclists , and encouraging the use of bicycles . Now , Sandnes has been transformed into a city in Norway with the best facilities for cyclists .




7 . Trondheim , NorwayThe city created the first facility in the world , Bicycle Lift ( Trampe ) . The elevator is also a major attraction for the city tour Trondheims . The purpose of this elevator pembangunana deliver the cyclists climbing a hill without the need to get off the bike . Given the topography of Trondheim city on the slopes of the mountain , the facility is quite helpful for cyclists . Trondheim city government also provides public bicycle rental . Approximately 18 % of the population uses a bicycle to work or to school .




8 . San Francisco , CaliforniaSan Francisco is the second most populous city in the U.S. , no wonder if the bicycle transportation system became the mainstay . The city consistently tops the list of Bicycling magazine survey for the use of bicycles . There are 40 thousand residents of San Francisco biking to work . There is a bike path along the 63 miles.San Francisco Bicycle Coalition filed eight candidates to serve on the San Francisco Board of Supervisors , and entirely elected . The city watchdog puts top priority for the needs of pedestrians and cyclists , rather than mass transit . With the increase in the number of cyclists , all public transport is now equipped bike carrier .




9 . Berlin , GermanyThe city already has a 80 kilometer bike lane that lay on the main road . There are 400 thousand cyclists every day . Supplied choice cycling track on line .




10 . Barcelona, ​​Spainon March 22, 2007 , Barcelona City Council began Bicing service , a bicycle rental service facilities for public transport . Tenants must first register to obtain a card . This card as identity and the right to borrow a bike rental in 100 posts scattered across the city of Barcelona . Tenants are allowed to wear a bike in the city , and then returns in the next post . Barcelona also create a 'green ring ' surrounding metropolitan area with bike paths . There are 3250 parking places around town .

Tidak ada komentar:

Sumber: http://mahameruparabola.blogspot.com