Mengapa museum sembunyikan mahakarya?

Banyak museum besar dunia menyimpan karya besar seni dari penglihatan masyarakat umum, seperti dilaporkan Kimberly Bradley.
Di Museum of Modern Art New York, hanya 24 dari 1.221 karya Pablo Picasso menjadi bagian dari koleksi tetap yang saat ini dapat dilihat umum. Hanya satu dari 145 karya Ed Ruscha dipamerkan.
Dan karya seniman surealis Joan Miro yang dapat dinikmati umum? Semiblan dari 156 karya.
Dinding Tate London, Met New York, Louvre Paris atau MoMA New York mungkin terlihat sudah dengan baik dipakai untuk memamerkan koleksi. Tapi sebenarnya sebagian besar karya seni milik lembaga seni terbesar dunia disembunyikan dari umum di tempat penyimpanan yang terkontrol suhunya, digelapkan dan terorganisasi dengan seksama.
Persentase secara umum bisa memberikan gambaran yang lebih dramatis. Tate, misalnya. dilaporkan hanya memamerkan 20% dari koleksi tetapnya, Louvre 8%, Guggenheim 3%, dan Berlinische Galerie -museum di Berlin yang bertugas memamerkan, melestarikan, dan mengumpulkan semua karya seni yang dibuat di kota itu- hanya mempertontonkan 2% dari keseluruhan miliknya.

Tempat terbatas

The Large Blue Horses buatan Franz Marc, 1911, yang dipandang tidak sesuai lagi dengan selera Walker Art Center.
"Kami tidak memiliki tempat untuk memamerkan lebih banyak lagi," kata Direktur Berlinische Galerie, Thomas Köhler.
Dia menjelaskan museumnya memiliki 1.200 m2 untuk memamerkan karya seni yang didapat lewat pembelian dan sumbangan selama puluhan tahun.
"Sebuah museum menyimpan ingatan, atau kebudayaan," jelas Köhler.
Tetapi di tempatnya, sama seperti museum-museum lain di dunia, kebanyakan koleksi jarang sekali dipamerkan kepada khalayak umum.
The Art Show karya Edward Kienholz dan Nancy Reddin Kienholz, tahun 1963-1977, koleksi Berlinische Galerie (© Nancy Reddin Kienholz)
Selain keterbatasan ruang, selera populer juga menjadi alasan tetap disimpannya karya seni. Ada juga koleksi yang dianggap tidak sesuai lagi dengan misi pengurus lembaga.
Karya seniman terkenal yang tidak begitu populer kemungkinan juga akan terbengkalai. Yang terkenal dipajang di dinding museum, yang tidak bagus terlupakan di lantai. Juga karya seni yang menjadi koleksi museum lewat pembelian "bisa jadi tersimpan dalam peti kayu selama bertahun-tahun, menunggu untuk dipilih," jelas Köhler. Sementaara ada pula yang tetap terbungkus karena keadaaannya rapuh.
Lembaga yang berbeda memiliki kebijakan penyimpanan dan rotasi yang beragam, bergantung pada sifat dan cakupan koleksi.

Pameran di 'gudang'

National Gallery London menerapkan sistem penggantungan ganda sehingga meningkatkan jumlah karya seni yang dipamerkan.
"Memamerkan 5% dari koleksi nasional kami adalah sesuatu yang sulit dipahami orang," kata kurator Inggris, Jasper Sharp, yang terlibat dalam paviliun Austria pada Venice Bienniale 2013.
“Karenanya dilakukan peningkatan usaha untuk memamerkan koleksi," tambah Sharp. Selain membuat versi digital dari koleksi tetap -yang dilakukan oleh banyak lembaha seni- cara lain untuk memamerkan adalah lewat Schaulager ('pamerangudang') dengan para pengunjung dapat melihat karya seni yang disimpan pada rak geser, di balik kaca, atau saat restorasi.
Gudang penyimpanan Hermitage di St Petersburg, Rusia, dibuka pada tahun 2014 dengan menawarkan tur bersama pemandu untuk melihat koleksi-koleksi seni yang sudah lama tidak dilihat masyarakat. Sejumlah museum di Amerika Serikat, antara lain Museum Seni Brooklyn- juga membuka akses atas pusat penyimpanannya. Beberapa museum melakukan perluasan -seperti Tate, MoMA, dan Met- yang ditujukan untuk meningkatkan ruang bagi pameran koleksi tetapnya.


ENGLISH

Many museums of the world to save great works of art from public sight, as reported by Kimberly Bradley.
The Museum of Modern Art New York, only 24 of the 1,221 works of Pablo Picasso became part of the permanent collection of the currently visible to the public. Only one of the 145 works of Ed Ruscha exhibited.
And the work of surrealist artist Joan Miro that can be enjoyed by the public? Semiblan of 156 works.
Wall Tate London, New York Met, the Louvre Paris or the MoMA New York may seem already well used to show off the collection. But in fact most of the works of art belonging to the world's largest art institutions hidden from the public in a temperature controlled storage, darkened and carefully organized.
The percentage in general could provide a more dramatic. Tate, for example. reported only exhibit 20% of its permanent collection, the Louvre 8%, Guggenheim 3%, and the Berlinische Galerie in Berlin in charge -Museum exhibit, preserve, and collect all the artwork created in the city showed that-just 2% of the total hers.Places are limitedThe Large Blue Horses artificial Franz Marc, 1911, which is deemed no longer suitable to the tastes of the Walker Art Center.
"We do not have a place to show off more," said Director of Berlinische Galerie, Thomas Köhler.
He explained that the museum has 1,200 m2 for exhibiting works of art acquired through purchases and donations for decades.
"A museum store memory, or culture," said Köhler.
But in its place, just as other museums in the world, most of the collection is rarely exhibited to the public.The Art Show by Edward Kienholz and Nancy Reddin Kienholz, in 1963-1977, a collection of Berlinische Galerie (© Nancy Reddin Kienholz)
In addition to space limitations, the popular tastes also the reason still kept artwork. There is also a collection that is considered no longer in line with the mission of the institution administrators.
By famous artists who are not so popular may also be abandoned. The famous museum on the wall, which is not good forgotten on the floor. Also works of art into the museum's collection through purchases "may be stored in a wooden crate for years, waiting to be chosen," said Köhler. Sementaara some are still wrapped as keadaaannya fragile.
Different institutions have retention policies and rotation are diverse, depending on the nature and scope of the collection.Exhibition in the 'shed'
National Gallery, London introduced a system of double hanging thereby increasing the amount of artwork on display.
"Showing off 5% of our national collection is something that is difficult to understand people," said curator England, Jasper Sharp, which is involved in the Austrian pavilion at the Venice Bienniale in 2013.
"Therefore, to improve the effort to showcase a collection," added Sharp. In addition to making a digital version of the collection remains -which is done by many art- lembaha another way to show off is through Schaulager ('pamerangudang') with the visitors can see works of art that are stored on sliding shelf, behind the glass, or when the restoration.
Storage warehouse Hermitage in St Petersburg, Russia, was opened in 2014 by offering a guided tour to see the art collections which have not seen the public. A number of museums in the United States, among others, Brooklyn- Art Museum is also open access to central storage. Some museum-like expanding Tate, MoMA, and Met- aimed to increase the space for the exhibition of its permanent collection.
 

Tidak ada komentar:

Sumber: http://mahameruparabola.blogspot.com