Sahur Sehat Puasa Hebat - Healthy Fasting Great Sahur

7 Tips Sahur Sehat

Meski sahur dilakukan di pagi-pagi buta, bukan berarti Anda menyantap makanan asal jadi. Sebab, sahur ternyata jauh lebih penting ketimbang berbuka puasa. Tubuh Anda harus dibekali nutrisi yang cukup hingga saat berbuka. Bagi Anda yang menginginkan tubuh yang fit selama berpuasa, coba tip berikut ini:

1. Mulailah sahur dengan meminum segelas air putih. Selama puasa tubuh akan banyak kehilangan cairan.

2. Buah-buahan adalah menu yang baik untuk sahur dan juga untuk berbuka. Buah-buahan mengandung elektrolit yang memberi kesegaran pada tubuh dalam beraktivitas.

3. Selama puasa, zat besi dalam tubuh akan menurun karena berkurangnya jumlah sel darah merah dalam tubuh. Akibatnya tubuh akan lebih lemas, mengantuk karena pasokan oksigen yang dibawa sel darah merah tidak maksimal.  Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi saat sahur akan mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi jus tanpa gula.

4. Pilihlah karbohidrat kompleks, seperti nasi merah ketimbang nasi putih, atau roti gandum ketimbang roti putih, karena akan membuat gula darah stabil seharian, juga bijaklah mengonsumsi makanan yang manis dari gula pasir. Makanan yang manis akan membuat Anda cepat lapar. Makanan yang mengandung banyak gula akan membuat tubuh berekasi melepaskan insulin dengan cepat. Sehingga tubuh akan meminta asupan energi baru, karena itu Anda akan cepat merasa lapar. Pilihlah manis alami, seperti gula aren atau madu.

5. Untuk lauknya Anda bisa menambahkan lauk yang kaya protein nabati dan hewani, seperti tempe, tahu, kacang-kacangan dan daging atau ikan. Agar tidak bosan, Anda bisa berimprovisasi dengan menu sahur untuk menggugah selera. Misalnya roti gandum dengan telur rebus dan daging asap, pasta dengan keju, brokoli rebus, dan ikan tuna. Coba juga kentang panggang dengan brokoli, keju, dan daging asap, serta sup hangat.

6. Hindari menggoreng menu sahur. Makanan yang digoreng menyebabkan ikatan oksigen berkurang sampai 20 persen. Ini dapat menimbulkan rasa kantuk sepanjang hari.

7. Sempurnakan sarapan sahur  dengan mengonsumsi makanan yang juga mengandung magnesium dan potassium yang bisa Anda temukan pada pisang, jeruk, dan kacang almon. Magnesium membantu tubuh memproduksi energi untuk beraktivitas sepanjang hari. 
 

Inilah makanan awet kenyang, cocok untuk menu sahur dan buka puasa

Masalah yang dihadapi ketika puasa bukan hanya soal lapar, tapi juga ngemil yang selama ini jadi kebiasaan. Maka tidak salahnya ketika sahur atau berbuka, Anda mencoba beberapa makanan tertentu yang memang bikin awet kenyangnya.

Oatmeal
Oatmeal, lengkap dengan buah sehingga rasanya tidak hambar. (Health)
Sebagaimana dikutip dari Jawaban, makanan ini biasa dipakai untuk sarapan dan menjadikan tubuh tetap berenergi. Sayangnya, banyak orang yang mengkonsumsi oatmeal dengan rasanya yang hambar dan tidak menggugah selera. Hal itu sangat disayangkan karena oatmeal adalah sumber terbaik dari serat dan fitokimia yang mempromosikan tubuh dan jantung yang sehat. Berikut beberapa cara untuk membuat oatmeal agar dapat menggugah selera makan Anda. Anda bisa pilih salah satu.
Tambahkan gula merah atau bahan baku gula lainnya, tuangkan susu, taburkan kayu manis, tambahkan buah-buahan, campur dengan kacang-kacangan, tambahkan selai kacang.
Sup
Sup Vegetarian. (Alleppofood)
Sebenarnya masakan ini cocok dihidangkan sebagai menu makan malam atau menu berbuka. Tapi bisa juga lho, jadi menu sahur. Kandungan berbagai sayur di dalamnya mampu membuat Anda kenyang tahan lama. Makanlah sup jika Anda ingin mengurangi porsi makan Anda. Bahkan sebuah penelitian terbaru dari Pennsylvania State University mengungkapkan, perempuan yang mengonsumsi satu porsi sup untuk sarapan, makan 100 kalori lebih sedikit saat makan siang dibanding wanita yang makan nasi saat sarapan. Kandungan air yang tinggi dalam sup, serta sayuran yang ada di dalamnya akan membuat tubuh kenyang lebih lama. Namun catat dulu ya! Pastikan Anda mengkonsumsi sup yang cair dan bukan krim.
Kacang-kacangan
Kacang-kacangan di sini bukan berarti kacang mainan, melainkan sejenis kacang. Bahan makanan satu ini menjadi menu favorit ketika ngobrol, nongkrong dan nonton bola. Nah, mumpung piala dunia masih digelar. Di sela-sela nonton pada jam-jam sebelum sahur, makanan bisa jadi teman yang setia mengawetkan rasa kenyang. Selain kaya serat, kacang-kacangan juga mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan.
Popcorn
Tangan Anda tak perlu belepotan minyak popcorn lagi.
Dari pada kue manis atau keripik kentang, popcorn tanpa rasa lebih enak dan menyehatkan dijadikan camilan. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah.
Kentang
Kentang bisa bikin kenyang tiga kali lipat daripada roti. Coba panggang kentang dan nikmati dengan kulitnya untuk mendapatkan nutrisi penuh dalam makanan ini.
Telur
Telur. (Manfaat-Telur)
Sebuah studi yang dilakukan Pusat Penelitian Pennington Biomedical di Los Angeles menemukan, orang-orang yang kelebihan berat badan dan mengonsumsi telur saat sarapan, cenderung bisa menahan lapar.
“Telur adalah kombinasi sempurna antara protein dan lemak, sehingga lebih memuaskan perut dibanding sarapan lainnya,” ujar Julie Kaye, MPH, RD, CDN, seorang ahli diet dari New York. Masih ragu makan telur karena kolesterol? Kaye juga menambahkan, “meskipun kandungan lemak dalam kuning telur cenderung tinggi, itu bukanlah penyebab utama kolesterol darah meningkat,” jelas Kaye. Jika Anda masih khawatir, Anda bisa mencoba putih telur cair, yang juga mengandung protein dan dapat mencegah kelaparan lebih lama.
Telur memiliki tingkat protein yang tinggi dan memiliki kemampuan untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Seorang peneliti dari Louisiana menemukan bahwa sekelompok wanita yang memilih telur sebagai menu dietnya menunjukkan hasil yang lebih signifikan daripada wanita yang memilih roti.
Pasta
Pasta masakan Italia. (browneyedbaker)
Pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, dibuat dari campuran tepung terigu, air, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Pasta dijadikan berbagai hidangan setelah dimasak dengan cara direbus. Di Indonesia, jenis pasta yang populer misalnya spageti, makaroni dan lasagna.
Mengonsumsi pasta terlalu banyak belum tentu baik bagi Anda, satu porsi sehat pasta gandum mungkin cukup untuk menghindari makan berlebihan seharian. Anda akan merasa kenyang lebih lama, bukan hanya karena pasta gandum memiliki jumlah tinggi serat, tetapi juga karena mengandung kadar protein tinggi, yang membantu Anda membentuk otot. Asal jangan keliru pasta gigi aja!! Pedhes oommm
Buncis
Buncis. (Wisnuvegetarianorganic)
Buncis baik untuk jantung Anda dan juga dapat meningkatkan nafsu makan. Dengan serat tidak larut, buncis tidak hanya membuat Anda tetap kenyang, tetapi juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Vitamin, mineral, dan protein terkandung dalam setiap porsi buncis.
Selai kacang
Mengoleskan selai kacang di atas roti gandum merupakan trik agar Anda lebih menikmati sarapan pagi. Selai kacang dikategorikan memiliki jenis lemak yang baik juga kaya akan kandungan protein. Bahkan selai kacang bisa membantu menurunkan trigliserida yang baik untuk kesehatan jantung.
Sayuran hijau
Alasan utama kenapa sayuran hijau banyak ditambahkan sebagai menu diet adalah sayuran mengandung banyak serat sehingga baik untuk pencernaan dan menghindarkan Anda dari keinginan untuk nyemil.
Lada Merah
Rempah-rempah satu ini adalah salah satu makanan yang bisa menekan nafsu makan Anda. Penelitian dari Universitas Purdue di West Lafayette, IN, menemukan bahwa orang yang menambahkan setengah sendok teh lada merah untuk makanannya, akan mengonsumsi 60 kalori lebih sedikit saat makan berikutnya. Untuk Anda yang sedang diet, menambahkan setengah sendok teh cabai bubuk atau lada dalam makanan akan membantu menghilangkan 10 kalori pada tubuh.
Dark Chocolate
dark chocolate makanan awet kenyang cocok untuk sahur dan berbuka. (Stirfood)
100 gram dark chocolate hanya mengandung 170 kalori. Penelitian yang dilakukan University of Copenhagen menyatakan, dengan mengkonsumsi dark chocolate bisa menahan rasa lapar. Karena dalam kandungan senyawa dark chocolate memperlambat proses pencernaan sehingga membuat kenyang lebih lama. Dengan sepotong kecil cokelat bisa menahan hasrat makan makanan manis, asin dan berlemak.
Kacang Pinus
Kacang Pinus (Wikipedia)
ons kacang pinus hanya mengandung 95 kalori. Kacang pinus baik sekali untuk diet karena membuat anda cepat merasa kenyang. Kandungan asam lemak pada kacang pinus baik untuk jantung dan meningkatkan hormon yang membuat anda merasa kenyang. Pilihlah kacang ini untuk cemilan Anda.
Keju
Keju. (Kaumhawa)
Keju yang terbuat dari susu sapi atau kambing yang diberi pakan rumput mengandung conjugated linolenic acid (CLA), sejenis asam lemak yang mengatasi tekanan darah tinggi, kolesterol dan osteoporosis. Selalu cek produk yang berlabel “gras-fed” untuk memastikan Anda membeli keju yang tepat. Asal jangan keju kemeng ya!
Masalah kenyang tidaknya contoh makanan di atas biasanya kembali lagi ke selera. Masing-masing orang, daerah memiliki banyak perbedaan. Nah, silakan pilih! Makanan apa yang akan Anda siapkan untuk sahur atau untuk berbuka?
 
 

7 Tips Cara Memilih Menu Makan Sahur yang Baik

Memilih menu makan sahur yang tepat akan memberikan energi yang maksimal sehingga kita bisa puasa tanpa merasa terganggu karena mengantuk atau badan lemas. Berikut ini adalah tips memilih makanan untuk menu makan sahur Anda dan keluarga:

1. Cukup karbohidrat
Pilihlah makanan untuk sahur yang cukup mengandung karbohidrat serta protein. Terutama protein nabati juga hewani. Sebagai lauk pauk, Anda bisa memilih daging atau ikan.
2. Usahakan baru
Apabila terpaksa ada makanan untuk buka puasa yang tersisa, jangan jadikan sisa makanan tersebut sebagai menu sahur. Karena makanan yang tidak baru lagi atau sisa akan mengurangi kandungan gizi dalam menu tersebut.
3. Hindari yang berlemak
Kurangilah makanan-makanan berlemak seperti gorengan atau kuah santan, karena makanan tersebut akan berat untuk dicerna tubuh. Bila sudah demikian, tubuh Anda akan banyak mengeluarkan cairan, hasilnya Anda akan lebih cepat mengalami dehidrasi.
4. Perbanyak air putih
Jangan biarkan Anda dehidrasi selama puasa. Minumlah air putih sebanyak dan sesering mungkin di waktu sahur, berbuka dan jeda waktu antara buka dan sahur. Ingat, air juga merupakan sumber energi.
5. Hindari makanan manis
Makanan manis hanya cocok untuk menu berbuka puasa. Namun kebanyakan makan manis ketika makan sahur justru akan membuat tubuh lebih cepat merasa lapar ketika siang hari. Makanan manis memang berguna untuk memberikan energi, namun tidak untuk jangka waktu yang lama. Lebih baik Anda perbanyak makanan berserat.
6. Minum susu
Minumlah susu sebagai pelengkap ketika sahur. Apalagi jika menu sahur Anda berat, minum susu bisa dilakukan saat berbuka.
7. Buah-buahan
Berbagai sumber vitamin bisa didapatkan dari berbagai buah. Untuk sahur, apel dan anggur cukup ringan Anda konsumsi. Namun ingat, jangan makan berlebihan.


Sudahkah Anda Konsumsi 3 Makanan Wajib Saat Sahur Ini?


Puasa di bulan Ramadan ini sudah memasuki minggu ke dua. Tubuh sudah mulai bisa beradaptasi dan kegiatan sahur pada dini hari. Biasanya sahur yang nikmat adalah dengan makanan yang praktis dimasak dan tidak berat untuk dikunyah. Namun tahukah Anda, ternyata 3 makanan ini seharusnya selalu dikonsumsi saat sahur agar stamina tubuh terjaga sepanjang hari saat berpuasa?
Di bawah ini ada 3 makanan yang harus dikonsumsi saat sahur. Bukan makanan yang susah didapatkan tapi ternyata sering terabaikan karena waktu sahur yang dini hari dan terkadang banyak orang makan sahur dengan waktu yang mepet. Makanan apa sajakah itu?

1. Makanan dengan cairan
Karena waktu sahur yang sangat pagi, banyak keluarga yang memilih untuk menyantap menu praktis seperti lauk kering dan tumis sayuran. Padahal, cairan dibutuhkan oleh tubuh dan itu tidak bisa didapatkan selama menjalankan puasa. Karena itu asupannya harus didapatkan ketika sahur. Sayur berkuah, air mineral dan segelas jus bisa menjadi sumber cairan bagi tubuh. Anda bisa meminum 1 gelas penuh air putih saat bangun tidur akan sahur, 1 gelas setelah sahur dan 1 gelas menjelang imsak ladies.


2. Makanan dengan karbohidrat kompleks
Dr Farouk Haffejee dari Islamic Medical Association of South Afrika merekomendasikan makanan yang tahan lama dan tak mudah membuat Anda lapar, yaitu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Seperti yang telah diketahui, karbohidrat adalah sumber energi untuk tubuh dan otak melakukan aktivitas fisik maupun mental. Kekurangan karbohidrat bisa menyebabkan tubuh mudah lelah, tidak bersemangat, lesu bahkan mengundang penyakit ladies.
Lantas karbohidrat apakah yang baik dikonsumsi saat sahur? salah satunya adalah oatmeal. Oatmeal mudah dicerna yang memiliki karbohidrat serta serat yang tinggi. Selain oatmeal, gandum utuh, buah-buahan, sayur, biji-bijian, produk kedelai, susu, dan acar juga sumber karbohidrat kompleks yang bagus dikonsumsi saat sahur.


3. Kurma
Nabi Muhammad mengatakan bahwa berbuka menggunakan kurma adalah rutinitas beliau. Kurma memang mengandung banyak manfaat dan zat gulanya bisa mengembalikan tubuh yang tidak mendapat asupan makanan apapun saat berpuasa kembali bugar. Ternyata tidak hanya saat berbuka, mengonsumsi kurma saat sahur juga dianjurkan lho ladies! OrganicFacts.net mengungkap bahwa kurma mengandung serat yang tinggi dan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan serta gerakan lambung dan usus. Anda bisa mengonsumsi 1-3 butir kurma setelah usai makan sahur.


Sahur adalah 'modal' setiap orang Muslim untuk kuat menjalani puasa dari Subuh hingga Magrib tiba. Tidak ada salahnya mengonsumsi 3 makanan ini saat sahur agar kondisi tubuh tetap prima. Selamat berpuasa ladies!


Makanan Wajib Buat Sahur
Enggak terasa, kita sudah bertemu lagi dengan bulan Ramadhan. Selama sebulan, umat Muslim menahan haus dan lapar mulai dari Shubuh hingga waktu Magrib tiba. Berbagai persiapan pun dilakukan. Mulai dari bangun pagi hari, membantu ibu menyiapkan santapan sahur hingga menu untuk berbuka puasa yang istimewa.
Meskipun puasa, bukan berarti kita tidak melakukan aktifitas apapun. Kegiatan sekolah juga tetap berlangsung. Memang, energi kita tidak seperti biasanya, badan akan terasa lebih lemas.
Nah, supaya badan kita tetap sehat dan energi masih tersimpan, coba, yuk konsumsi makanan berikut ini saat sahur;
1. Sayur-sayuran  dan buah-buahan
Sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, dan kacang panjang banyak mengandung serat. Nah, serat termasuk zat yang sulit dicerna oleh lambung. Karena itu lambung akan terasa penuh dan lebih lama merasakan kenyang karena terus menerus dicerna.
Selain kaya serat, sayur-sayuran mengandung zat vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Nah, tunggu apalagi, yuk, santa si sayur-mayur di saat sahur! o
Foto: wordpress
2.  Daging sapi rendah lemak
Penelitian terbarumenunjukkan bahwa makanan yang tinggi protein dan rendah lemak mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga baik dikonsumsi saat sahur.
Daging sapi yang telah dibuang lemaknya bisa diolah menjadi santapan sahur yang lezat.
3. Ikan
Ikan yang kaya protein juga cocok untuk lauk sahur. Namun, sebaiknya jangan digoreng karena akan menambah lemak. Dipepes atau dibuat sup adalah beberapa metode penyajian ikan yang lebih sehat.
4. Susu kedelai
Kalau tak sempat bersantap sahur dengan makanan lengkap, kamu bisa minum susu kedelai. Protein di dalamnya cukup tinggi, sehingga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.
5. Sari kacang hijau
Sama seperti susu kedelai, sari kacang hijau juga tinggi protein. Mintalah kepada ayah dan ibu untuk menyediakan selalu sari kacang hijau siap minum di kulkas, terutama di bulan puasa.
Jika sewaktu-waktu kamu bangun menjelang imsak, kamu bisa langsung meneguk minuman ini dan akan kuat menahan lapar hingga azan magrib berkumandang.

Saran Dokter Menu Sahur & Buka Puasa yang Sehat
 
Makanan apakah yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur? Makanan apakah yang sebaiknya dikonsumsi saat berbuka puasa? Nih ada saran dari dokter menu apa saja yang pas untuk sahur dan buka puasa bersama dr. Nadia Octavia.
 
Selama bulan Ramadan, keluarga muslim biasanya akan berkumpul untuk bersantap sahur ataupun berbuka puasa.
Menentukan makanan yang tepat saat sahur dan berbuka sangatlah penting saat berpuasa.
Makanan apakah yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur?
Selain karena memang disunahkan, bersantap sahur sangatlah penting sebagai cadangan energi selama berpuasa. Makanan saat sahur sebaiknya terdiri dari:

  • Buah dan sayuran
Makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayur penting karena dapat meningkatkan perasaan kenyang dan dapat pula mencegah konstipasi atau sulit buang air besar (BAB). Selain itu, buah dan sayur juga mengandung vitamin, mineral dan fitokimia yang penting bagi kesehatan
  • Nasi atau penggantinya
Makanan yang mengandung karbohidrat dan kaya serat seperti nasi merah dan roti gandum membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membantu memberikan cadangan energi
  • Daging atau penggantinya
Daging ayam tanpa kulit, ikan dan produk olahan susu rendah lemak merupakan sumber protein yang baik dan membatasi asupan lemak Anda. Selain itu juga dapat memperbaiki dan membentuk jaringan tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi produk olahan susu yang tinggi kalsium dapat menjaga kekuatan tulang

Makanan apakah yang sebaiknya dikonsumsi saat berbuka puasa?
  
Makanan Apakah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa?

Berbuka puasa merupakan saatnya untuk mengembalikan cadangan energi, sehingga makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah:
  • Serat
    Biasanya saat bulan Ramadan, kurma dikonsumsi sebagai simbolis saat berbuka puasa. Selain merupakan sumber energi yang baik, kurma juga kaya akan potassium yang dapat membantu fungsi otot dan saraf agar bekerja dengan baik. Tetapi, hati-hati juga agar jangan mengkonsumsi kurma terlalu banyak karena kurma tinggi akan gula.
  • Karbohidrat
    Roti gandum, nasi merah atau mi yang terbuat dari gandum merupakan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan tubuh energi, serat dan mineral. Jika dibandingkan dengan makanan tinggi gula atau dessert yang dibakar lebih cepat.
  • Protein
    Sumber protein tinggi seperti ayam (tanpa kulit), ikan, telur atau kacang-kacangan dapat dipilih sebagai menu berbuka puasa. Untuk menjaga makanan Anda tetap sehat, batasi penggunaan minyak dan beralih ke rebus-rebusan, bakar atau panggang. Saat memilih minyak, pilihlah minyak yang tinggi akan lemak tak jenuh.




ENGLISH

7 Tips to Healthy Eating SahurAlthough the meal is done in the early morning, does not mean you eat foods so long. Therefore, the meal turned out to be far more important than fasting. Your body should be equipped with adequate nutrition up when breaking. For those of you who want a fit body during fasting, try the following tips:
1. Begin the meal with a glass of water. During fasting the body will lose a lot of fluid.
2. Fruits are a good menu for the meal and also to break. Fruits contain electrolytes which gives freshness to the body in the move.
3. During fasting, the iron in the body will decrease due to the reduced number of red blood cells in the body. As a result, the body will be weak, drowsy because the supply of oxygen carried red blood cells is not optimal. Eating foods containing iron at dawn will control the levels of hemoglobin in the body, one of them with the juice without sugar.
4. Choose complex carbohydrates, such as brown rice instead of white rice, or whole wheat bread instead of white bread, because it would create a stable blood sugar all day, it is also wise are eating foods that are sweet from sugar. Sweet foods will make you hungry faster. Foods that contain a lot of sugar will make the body react quickly to release insulin. So that the body will ask for a new energy intake, therefore you will quickly feel hungry. Choose natural sweetness, such as palm sugar or honey.
5. To lauknya you can add a side dish that is rich in vegetable and animal protein, such as tempeh, tofu, beans and meat or fish. In order not to get bored, you can improvise with a tempting menu for the meal. Eg wheat toast with a poached egg and bacon, pasta with cheese, steamed broccoli and tuna. Try also baked potato with broccoli, cheese, and salami, and hot soup.
6. Avoid frying menu meal. Fried foods cause oxygen bond is reduced to 20 percent. It can cause drowsiness during the day.
7. Enhance dawn breakfast by eating foods that also contain magnesium and potassium that can be found in bananas, oranges, and almonds. Magnesium helps the body produce energy to move throughout the day.
 
This is durable food satiety, suitable for suhoor and iftar menu
Problems encountered when fasting is not just a matter of hunger, but also snacks that have become habit. So no harm when dawn or breaking, you try certain foods that truly make durable kenyangnya.
Oatmeal
Oatmeal, complete with fruit so that it's not bland. (Health)
As quoted from the answer, these foods are usually used for breakfast and put the body stay energized. Unfortunately, many people who consume oatmeal to taste bland and unappetizing. It was very unfortunate because oatmeal is the best source of fiber and phytochemicals that promote a healthy body and heart. Here are some ways to make oatmeal in order to arouse your appetite. You can select one.Add brown sugar or other sugar raw materials, pour the milk, sprinkle cinnamon, add fruit, mixed with nuts, add peanut butter.
Soup
Vegetarian soup. (Alleppofood)
Actually, this dish is suitable served as a dinner menu or menu breaking. But it could also know, so the meal menu. The content of various vegetables in it can make you satisfied durable. Eat soup if you want to reduce your portions. In fact, a recent study from Pennsylvania State University revealed that women who consumed one serving of soup for breakfast, eat 100 fewer calories at lunch than women who ate at breakfast. High water content in the soup, and vegetables that are in it will make the body full longer. But note the first yes! Make sure you consume the liquid soup instead of cream.
NutsNuts here does not mean beans toy, but rather a kind of nut. Groceries this one a favorite menu when chatting, hanging out and watching the ball. Well, mumpung world cup was held. On the sidelines to watch during the hours before dawn, the food could be a loyal friend to preserve the feeling of satiety. Besides being rich in fiber, nuts also contain complex carbohydrates and protein are satiating.
Popcorn
You do not need to hand popcorn covered in oil again.
From the sweet cake or potato chips, popcorn without taste more delicious and healthy snack made. You can even make yourself at home.
PotatoPotatoes can make full three times more than bread. Try baked potato and enjoy the skin to get the full nutrition in these foods.
Egg
Eggs. (Benefits-Eggs)
A study by Pennington Biomedical Research Center in Los Angeles found that people who are overweight and eating eggs at breakfast, tend to be hungry.
"Eggs are a perfect combination of protein and fat, so the more satisfying the stomach than other breakfast," said Julie Kaye, MPH, RD, CDN, a dietitian from New York. Still hesitant to eat eggs because of cholesterol? Kaye also added, "even though the fat content in the yolk tends to be high, it is not the main cause of increased blood cholesterol," said Kaye. If you are still concerned, you can try the liquid egg white, which also contain protein and can stave off hunger longer.
Eggs have a high protein level and have the ability to help you feel full longer. A researcher from Louisiana found that a group of women who choose eggs as menu diet showed significantly better results than women who chose bread.
Pasta
Pasta Italian cuisine. (Browneyedbaker)
Pasta is processed foods used in Italian cuisine, made from a mixture of flour, water, eggs, and salt to form dough can be formed into a variety of sizes and shapes. Pasta made various dishes after cooking by boiling. In Indonesia, a popular type of pasta for example spaghetti, macaroni, and lasagna.
Eating pasta too much is not necessarily good for you, a healthy serving of whole wheat pasta may be enough to avoid overeating all day. You will feel full longer, not only because wheat pasta has a high amount of fiber, but also because it contains high levels of protein, which helps you build muscle. Just do not mistakenly toothpaste aja !! Pedhes oommm
Bean
Beans. (Wisnuvegetarianorganic)
Beans good for your heart and can also increase the appetite. With insoluble fiber, beans are not only keep you satisfied, but also can help lower cholesterol. Vitamins, minerals, and protein contained in each serving of beans.
Peanut butterSpreading peanut butter on bread wheat is a trick so you better enjoy breakfast in the morning. Peanut butter is considered to have a good type of fat which is also rich in protein content. Even peanut butter can help lower triglycerides are good for heart health.
GreensThe main reason why a lot of green vegetables added as diet menu is vegetables contain a lot of fiber so good for digestion and keep you out of a desire to nyemil.
Cayenne pepperSpice this one is one of the foods that can suppress your appetite. Research from Purdue University in West Lafayette, IN, found that people who added a half teaspoon of red pepper on his food, will consume 60 calories less at the next meal. For those of you who are on a diet, add half a teaspoon of chili powder or pepper in food will help eliminate 10 calories in the body.
Dark Chocolate
dark chocolate lasting satiety foods suitable for suhoor and iftar. (Stirfood)
100 grams of dark chocolate contains only 170 calories. Research conducted at University of Copenhagen claimed, by eating dark chocolate can withstand hunger. Because of the dark chocolate compound slows the digestive process so as to make full longer. With a small piece of chocolate can withstand the desire to eat sweet foods, salty and fatty foods.
Pine Nuts
Pine nuts (Wikipedia)
ounces of pine nuts contains only 95 calories. Pine nuts are great for diet because it makes you feel full faster. The content of fatty acids in pine nuts good for the heart and increase the hormone that makes you feel full. Choose your nuts for snacks.
Cheese
Cheese. (Kaumhawa)
Cheese made from cow's or goat's milk fed grass contains conjugated linolenic acid (CLA), a fatty acid that treat high blood pressure, cholesterol and osteoporosis. Always check the product is labeled "gras-fed" to make sure you buy the right cheese. Just do not cheese kemeng yes!
Problems least satiety food example above usually come back again to taste. Each of these people, the area has a lot of difference. Well, take your pick! What food would you prepare for or to break their dawn?

 
7 Tips on How to Choose a Good Meal SahurSelecting the right pre-dawn meal menu will provide maximum energy so that we can fast without being distracted because of sleepiness or weakness. Here are tips on choosing foods for the meal menu you and your family:
1. Adequate carbohydrateChoose enough food for the meal containing carbohydrates and protein. Especially vegetable protein also animal. As side dishes, you can choose meat or fish.
2. Try newIf forced no food for iftar remaining, do not make the rest of the meal as the meal menu. Because food is not new anymore or the rest will reduce the nutrient content in the menu.
3. Avoid fattyReduce fatty foods such as fried or coconut milk, because the food will be hard for the body to digest. If it is so, your body will release much fluid, the result will be faster you become dehydrated.
4. Expand the white waterDo not let your dehydration during fasting. Drink water as much and as often as possible in the dawn of time, breaking and lag time between the open and dawn. Remember, water is also a source of energy.
5. Avoid sugary foodsSweet food only suitable for iftar menu. But most sweet meal when eating a meal will only make the body more quickly feel hungry when during the day. Sweet food is useful to provide energy, but not for long periods of time. Better you multiply fibrous food.
6. Drinking milkDrink milk as a supplement when dawn. Especially if you are a heavy menu dawn, drinking milk can be done when breaking.
7. FruitsVarious sources of vitamins can be obtained from various fruits. For the meal, apples and grapes is light enough to consume. But remember, do not overeat.



 
Have you Consume 3 Food Mandatory When Sahur It?
Fasting in Ramadan is now entering the second week. The body has begun to adapt and activities in the early morning dawn. Usually dawn delights is practically cooked food and not the weight to be chewed. But you know, it turns out three of these foods should always be consumed at dawn in order stamina awake throughout the day while fasting?
Below are three food should be consumed at dawn. Not food hard to come by but it is often overlooked because of the early morning dawn of time and sometimes a lot of people eating a meal with mepet time. What food are they?


1. Food with liquid
Due to the very early dawn of time, a lot of families who choose to eat as a side dish menu practically dry and sauteed vegetables. In fact, the liquid needed by the body and it can not be obtained during fasting. Therefore intake should be obtained when dawn. Fry vegetable, mineral water and a glass of juice can be a source of fluid to the body. You can drink one full glass of water when you wake up will dawn, one glass after a meal and one glass before the Ruling ladies.



2. Foods with complex carbohydrates
Dr. Farouk Haffejee of the Islamic Medical Association of South Africa recommends foods durable and not easily make you hungry, foods that contain complex carbohydrates. As already known, carbohydrates are an energy source for the body and brain perform physical and mental activity. Lack of carbohydrates can cause the body easily tired, not excited, lethargy and even invite ladies diseases.
So what good carbohydrates consumed at dawn? one of which is oatmeal. Oatmeal digestible carbohydrates and fiber that has a high. In addition to oatmeal, whole grains, fruits, vegetables, grains, soy products, milk, and pickles are also a good source of complex carbohydrates consumed at dawn.



3. Dates
The Prophet Muhammad said that the use of dates is breaking his routine. Dates do contain a lot of benefits and can restore the body's sugar substance that did not receive any food intake during fasting back in shape. It turns out not only when breaking, eating dates when the meal is also recommended you know ladies! OrganicFacts.net revealed that dates contain high fiber and essential to maintain digestive health as well as the movement of the stomach and intestines. You can consume 1-3 grains of dates after after eating a meal.



Sahur is the 'capital' stronger every Muslim to undergo fasting from dawn until sunset arrives. There is no harm in eating 3 meals this time of dawn so that the condition of the body fit. Congratulations ladies fast!



 
Create Mandatory food Sahur
Baseball feels, we've met again with the month of Ramadan. During the month, Muslims hold the thirst and hunger from Fajr till Maghrib time arrives. Various preparations have been done. Starting from the morning wake up, help a mother prepare meals dawn until iftar menu special.
Although fasting, does not mean we do not perform any activity. School activities are also ongoing. Indeed, our energy is not as usual, the body will feel more sluggish.
Well, so our bodies stay healthy and energy is still stored, try, go ahead following food consumption at dawn;
1. Vegetables and fruits
Vegetables such as spinach, broccoli, carrots, and beans contain lots of fiber. Well, fiber include substances that are difficult to digest by the stomach. Because the stomach will feel full and satisfied longer feel as continuously ingested.
Besides being rich in fiber, vegetables containing vitamins and minerals your body needs. Well, you waiting for, go ahead, santa the vegetables at the time of dawn! o
Photo: wordpress
2. Low-fat beef
Research terbarumenunjukkan that foods high in protein and low in fat is able to maintain a sense of satiety for longer, so that both consumed at dawn.
Beef that has been disposed of fat can be processed into meal the meal was delicious.
3. FishFish are rich in protein are also suitable for the side dish meal. However, it should not be fried as it will add fat. Dipepes or made soups are several methods of presentation healthier fish.
4. Soymilk
If it did not get the meal dining with a full meal, you can drink soy milk. Protein in it is quite high, so it can make you feel full longer.
5. Sari green beans
Just like soy milk, green bean juice is also high in protein. Ask your father and mother for providing always ready to drink green bean juice in the refrigerator, especially in the month of fasting.If at any time you wake up before the Ruling, you can directly sipped and will withstand hunger until the evening call to prayer rang out.



 
Doctors advice Sahur and Iftar menu Healthy
 
What food should be consumed at dawn? What food should be consumed during fasting? Here there is a suggestion from the doctor what the menu is fit for suhoor and iftar dr. Nadia Octavia.

During the month of Ramadan, the Muslim family will usually gather for a meal or the meal breaking the fast.
Determining the right food at dawn and breaking is extremely important when fasting.
What food should be consumed at dawn?
In addition because it is sunnah, dining dawn is very important as energy reserves during fasting. Food when the meal should consist of:



    
Fruits and vegetables
Foods rich in fiber such as fruits and vegetables is important because it can increase the feeling of fullness and can also prevent constipation or difficult bowel movements (BAB). In addition, fruits and vegetables also contain vitamins, minerals and phytochemicals that are important for health

    
Rice or replacement
Foods that contain carbohydrates and are rich in fiber such as brown rice and whole wheat bread takes longer to digest so it helps provide energy reserves

    
Meat or replacement
Skinless chicken, fish and low-fat dairy products are good sources of protein and limit your fat intake. It also can improve and shape the body tissue and the immune system. Consuming dairy products are high in calcium to maintain bone strength


What food should be consumed during fasting?

 
What Should food consumed during fasting?
Iftar is the time to restore the energy reserves, so the food should be consumed are:

    
Fiber
    
Usually during the month of Ramadan, dates consumed as a symbolic during fasting. Besides being a good source of energy, dates are also rich in potassium which may help the function of muscles and nerves to work properly. But, be careful not to consume too many dates because dates are high in sugar.

    
Carbohydrate
    
Whole wheat bread, brown rice or noodles made from wheat are complex carbohydrates that can provide energy body, fiber and minerals. When compared to foods high in sugar or dessert is burned faster.

    
Protein
    
High protein sources such as chicken (without skin), fish, eggs or nuts can be selected as the menu iftar. To keep you healthy foods, limit the use of oil and switch to boiled-stew, grilled or baked. When selecting the oil, choose oils high in unsaturated fat.



 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Sumber: http://mahameruparabola.blogspot.com